Sunday 14 January 2018

15 Amal Shalih Yang Harus Kita Lakukan di Bulan Ramadhan

15 Amal Shalih Yang Harus Kita Lakukan di Bulan Ramadhan
15 Amal Shalih Yang Harus Kita Lakukan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah Bulan yang paling istimewa bagi umat islam, selain karena hanya ada sekali dalam setahun, berbagai amalan shalih di Bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya. Oleh sebab itu semua umat islam berlomba-lomba untuk memperbanyak amalan di Bulan Ramadhan, di bawah ini admin tulis secara ringkas 15 amalan yang harus kita lakukan agar kita tidak ketinggalan oleh umat muslim yang lain apalagi kalau sampai ketinggalan sama temen kita.

1.      Puasa

Barangkali masih banyak yang beranggapan bahwa puasa hanya sekedar menjalankan ibadah wajib lainnya saja seperti shalat ataupun zakat. Namun sebenarnya selain kita melaksanakan kewajiban ibadah puasa kita juga dapat menghapus dosa di masa lalu dan menambah ibadah puasa.

2.      Makan Sahur Setiap Dini Hari

Banyak orang yang menyepelekan makan sahur, karena ngantuk atau malas untuk bangun malam. Namun ternyata makan sahur akan memperoleh keberkahan dari Allah SWT. Kegiatan ini telah didukung oeleh berbagai hadits yang sudah terpercaya. Makanya agar puasa kita makin berkah dan mendapat pahala jangan sampai kita meninggalkan makan sahur.

3.      Mengakhirkan sahur

Bangun malam terasa berat untuk dilakukan bahkan kadang-kadang terlewati, tidak salah jika banyak orang yang makan sahur sebelum tidur atau saat tengah malam. Pada hakikatnya, makan sahur pada jam 2 atau 3 masih dianggap sebagai makan malam walaupun dengan mengucapakan niat makan sahur. Oleh sebab itu mengakhirkan sahur yaitu menjelang imsak adalah perbuatan yang sangat dianjurkan, lebih bermanfaat lagi dengan tujuan untuk menghindari keblablasan melaksanakan kewajiban ibadah shalat subuh. Usahakan untuk memiliki jadwal imsakiyah di daerah kita sehingga kita bisa melihat kapan waktu imsaknya.

4.      Segera Berbuka Kalau sudah Waktunya Tiba

Waktu berbuka puasa sangat disarankan untuk segera dilakukan saat setelah mendengar adzan, walaupun hanya sekedar minum segelas air dan sebuah kurma atau hidangan sederhana lainnya. Pendapat ini telah didukung oleh hadits dan ulama. Juga hendaknya sebelum kita menyantap menu utama, kita laksanakan ibadah shalat maghrib terlebih dahulu, baru kemudian kita makan bersama keluarga. Hal ini dimaksudkan agar saat shalat kita tidak kekenyangan dan juga hal ini bisa menambah keharmonisan dalam keluarga.

5.      Melaksanakan Shalat 5 waktu

Shalat 5 waktu pahalanya sangat besar apalagi dilaksanakan pada Bulan Ramadhan, dalam sebuah hadits disebutkan bahwa pahala shalat 5 waktu di Bulan Ramadhan 70 kali dibanding dengan shalat 5 waktu di bulan lainnya. Selain itu shalat merupakan tiang agama, jika kita melkasanakan shalat tepat waktu dan tidak putus secara berjamaah. Maka bisa dibayangkan pahala yang akan didapatkan sangat luar biasa.

6.      Melaksanakan Shalat sunnah Tarawih

Shalat sunnah tarawih adalah ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan melaksanakan ibadah sunnah ini kita akan memperoleh pahala yang berlipat ganda juga dengan mengikuti ibadah shalat sunnah tarawih di masjid kita bisa bersilaturahim dengan tetangga lainnya.

7.      Memperbanyak Bacaan Al-Qur’an

Bulan Ramadhan adalah Bulan diturunkannya Al-Qur’an, membaca al-qur’an sudah merupakan ibadah yang memiliki banyak pahala apalagi jika dilakukan di Bulan Ramadhan, hal ini akan terasa sangat istimewa. Dalam sebuah hadits dijelaskan membaca satu huruf dari Al-Qur’an akan mendapatkan 10 kebajikan. Bayangkan jika kita membaca satu surah, satu juz, atau kita bisa mengkhatamkan Al-Qur’an berapa banyak kebajikan yang sudah kita peroleh.

8.      Memperbanyak sedekah

Sedekah adalah amal yang sangat dianjurkan karena bisa membersihkan sebagian harta kita. Sedekah juga menunjukkan rasa simpati kita kepada orang lain. Dalam arti lain membantu sesama merupakan hal yang sangat dianjurkan. Apalagi jika dilakukan pada Bulan Ramadhan, akan menambah pahala kita, bisa membebaskan kita dari api neraka dan dapat mempermudah jalan kita menuju surga.

9.      Perbanyak Dzikir

Berdzikir berarti mengingat Allah SWT dalam keadaan bagaimanapun dan waktu kapanpun, Berdzikir tidak hanya ada dalam hati maupun lisan, berdzikir juga bisa berarti memikirkan segala ciptaan Allah SWT yang dapat menunjukkan kebesaran dan keagungan Allah SWT. Segala hal yang ada di dunia ini diciptakan oleh Allah SWT dengan tingkah laku, bentuk, warna dan sebagainya dengan cara yang berbeda, makhluk juga memiliki manfaat dan faedah yang bermaca-macam. Sungguh Allah SWT sangat kuasa akan segala hal. Dengan cara begini Berdzikir bisa kita lakukan dimanapun dan kapanpun.

10.  Memberi Makan Kepada Orang yang Akan Berbuka Puasa

Dengan menyajikan menu berbuka kepada orang lain berarti kita juga bersedekah yang mana kita akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Memberi makan untuk buka puasa kepada orang lain memiliki keistimewaan tersendiri, yakni kita akan mendapatkan pahalanya orang yang berbuka tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang tersebut. Apalagi jika dia mau mendo’akan kita. Niscaya do’a itu akan mustajab dan akan segera dikabulkan oleh Allah SWT.


11.  Mangajak Berbuat Baik (Berdakwah)

Menyeru mengajak berbuat baik, merupakan amalan atau ajaran yang sangat dianjurkan, berdakwah berarti kita juga menyebarkan ajaran-ajaran agama islam kepada orang lain dari mulut ke mulut. Seruan atau dakwah ini bertujuan untuk menyebarkan kebaikan, mengingat akan kebaikan dan juga menghindari hal-hal yang dilarang. Akan tetapi dengan majunya tekhnologi kita juga bisa berdakwah melalui media massa semisal facebook, whatsapp, instagram, twitter dan aplikasi lainnya. Walau hanya satu hadits hal ini bisa mengingatkan saudara-saudara kita akan kebaikan dan menjauhi keburukan.

12.  Beriktikaf di Dalam Masjid

Salah satu keistimewaan Bulan Ramadhan adalah Lailatul Qodar, di mana malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan (83 tahun). Malam lailatul qadar ini datang pada 10 hari terakhir pada Bulan Ramadhan, makanya sangat dianjurka di sepuluh hari terakhir Bulan Ramadhan kita dianjurkan untuk beriktikaf di dalam masjid. Berdiam diri di dalam masjid dengan melakukan berbagai macam amalan seperti zikir, membaca Al-Qur’an dan Beriktikaf kita akan mendapatkan pahala yang sangat luar biasa.

13.  Melakukan Umroh

Bagi orang yang memiliki dana yang cukup, berusahalah agar bisa berangkat umroh pada Bulan Ramadhan sebab Umrah ini nilainya akan setara dengan berhaji di tanah suci bersama dengan Nabi Muhamaad SAW. Hal ini juga akan menambah kedekatan kita kepada Allah SWT dan kita bisa lebih berfokus untuk beribadah.

14.  Bertaubat dari Dosa

Ramadhan adalah bulan penuh ampunan. Maka, sangat dianjurkan untuk bertaubat di Bulan Ramadhan, bertaubat dari segala macam kesalahan yang disengaja maupun tidak. Bagi mereka yang bersungguh-sungguh dalam bertaubat maka akan diibaratkan seperti bayi yang baru lahir. Bersih suci tanpa dosa. Tentu saja bertaubat bisa kapan saja. Namun tidak ada salahnya jika kita bisa memohon ampun kembali pada saat Bulan Ramadhan. Karena Bulan ini sangat istimewa.


15.  Mununaikan Zakat Fitrah Maupun Maal

Walaupun kita telah melaksanakan ibadah puasa dengan semaksimal mungkin. Akan tetapi terkadang kita masih melakukan kesalahan-kesalahan baik ucapan mapun perbuatan yang tidak sengaja. Oleh sebab itu, dengan membayar zakat fitrah kita dapat menutupi kesalahan-kasalahan kita tersebut. Zakat maal juga bermanfaat untuk membersihkan harta kita yang tidak suci.



1 comment:

  1. Umrah belum saya lakukan, semoga ada rezeki sehingga bisa ke tanah suci.

    ReplyDelete

Silahkan Bekomentar dengan Bijak dan Sesuai dengan Topik yang sedang kita bahas