Monday 15 January 2018

7 Rahasia-Rahasia Keistimewaan Pada Bulan Ramadhan

7 Rahasia-Rahasia Keistimewaan Pada Bulan Ramadhan
Rahasia-Rahasia Keistimewaan Pada Bulan Ramadhan

Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan sudah tidak diragukan lagi, sebagai orang islam yang beriman, tentu saja kita tidak boleh melewatkan kesempatan ini agar mendapat pahala yang banyak, dan kita harus berlomba-lomba memperoleh kebaikan yang banyak agar tidak ketinggalan dengan teman kita sendiri. Karena pada Bulan Ramadhan segala amal kebaikan yang kita lakukan akan diganjar dengan pahala yang berlipat-lipat ganda.

Banyak cara agar di Bulan Ramadhan ini kita tidak hanya menyia-nyiakannya saja, sangat disayangkan sekali jika kita hanya bermalas-malasan (tidur melulu) tersu. Beberapa hal yang bisa kita lakukan pada Bulan ini yaitu dengan iktikaf, membaca Al-Qur’an, bersedekah dan lain sebagainya.


Keindahan Bulan Ramadhan harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya, tentu anda mempunyai beberapa cara agar keistimewaan yang ada di dalam Bulan Ramadhan tidak sia-sia. Sehingga anda tidak melewatkan bulan ini begitu saja. Nah, Kenapa Bulan Ramadhan sangat istimewa bagi umat islam, Berikut ini Rahasia Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan :

1. Bulan untuk Mendidik Kita Mencapai Derajat Ketaqwaan

Dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183 dijelaskan “diwajibkan bagi umat islam secara keseluruhan untuk melaksanakan ibadah puasa, supaya umat islam bisa memperoleh ketaqwaan”. Jelas sekali bagi kita, jika kita bisa berpuasa secara benar, secara tidak langsung berarti kita belajar menahan dahaga, rasa lapar, rasa marah dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Sehingga dari ini kita belajar bersabar yang mana didasari oleh ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Dengan hal demikian Bulan Ramadhan istimewa karena hanya di Bulan ini derajat ketaqwaan kita meningkat secara drastis.

2. ulan Meraih Pintu Syurga

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dijelaskan, bahwa saat datang Bulan Suci Ramadhan, Dibukalah pintu-pintu surgawi serta ditutup pintu-pintu neraka lalu setan dibelenggu. Hal ini menjelaskan bahwa bulan ramadhan terbuka lebar peluang bagi umat islam untuk mendapatkan surga Allah SWT. Oleh karena itu jangan sampai dilewatkan begitu saja.

3. ulan Yang ada Lailatul Qadarnya

Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan (83 tahun lebih), dalam 30 hari di Bulan ramadhan ada malam lailatul qadarnya, apabila kita beribadah di dalam malam tersebut maka sangat beruntunglah kita. Dengan beribadah di dalamnya ibarat kita beribadah selama 83 tahun. Jangan sampai menyia-nyiakannya, menurut sebagian besar ulama, malam lailatul qadar ada pada malam ke 21 sampai 30, maka sangat dianjurkan di malam sepuluh terakhir tersebut kita lebih memperbanyak ibadah.

4. ulan Ramadhan Adalah Bulan Pengampunan

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dijelaskan, siapa saja yang melakukan ibadah puasa dengan iman dan ihtisab (niat baik), maka akan diampuni segala dosa yang berlalu. Hal ini berarti jika kita bisa melakukan ibadah puasa di Bulan Ramadhan, dengan diiringi niat yang benar dan percaya akan kebenarannya, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa kita yang telah lalu.

5. ulan Ramadhan Bulan Keberkahan

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, An-Nasa’i dan Baihaqi dijelaskan, umat islam secara keseluruhan mendapatkan keberkahan yang bernilai seribu bulan atau malam lailatul qadar. Keberkahan ini hanya didapatkan oleh umat islam saja dan hanya terdapat pada Bulan Ramadhan.

6. Bulan yang Ibadahnya berpahala berlipat ganda

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muttafaqun alaih (Imam Bukhari dan Imam Muslim) dijelaskan jika kita beribadah pada Bulan Ramadhan seperti shalat sunnah, Membaca Al-Qur’an, Berdzikir dan ibadah lainnya, Allah SWT akan melipatgandakan pahalanya. Dan balasan ini dapat berlipatganda hingga 70 kali. Oleh sebab itu jangan sampai kita menyia-nyiakan bulan ini. Karena akan sangat rugi sekali jika kita tidak mendapatkan pahala yang banyak.

7. Bulan Yang Didalamnya Turun Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an merupakan ibadah bagi kita, setiap hurufnya akan diberi 10 kebaikan dan jika kita melakukannya pada Bulan Ramadhan maka akan lebih berlipatganda lagi. Maka sangat penting untuk memperingati turunnya Al-qur’an atau biasa disebut PERINGATAN NUZULUL QUR’AN, hendaknya kita bisa memperbanyak do’a pada malam ini yakni pada tanggal 17 Ramadhan agar kita bisa mendapatkan keberkahan dan keistimewaan Bulan Suci Ramadhan.

Baca Juga "6 Wasiat Rasulullah Menghadapi Ramadhan"





No comments:

Post a Comment

Silahkan Bekomentar dengan Bijak dan Sesuai dengan Topik yang sedang kita bahas