Thursday 11 January 2018

6 Wasiat Rasulullah Menjelang Bulan Ramadhan Tiba


6 Wasiat Rasulullah Menjelang Bulan Ramadhan Tiba
6 Wasiat Rasulullah Menjelang Bulan Ramadhan Tiba


Sudah sangat dekat Bulan Ramadhan di hati kita. Maka dari itu dalam rangka menyambut Bulan Suci yakni Bulan Ramadhan di mana setiap umat islam di segala penjuru dunia dengan bangga menyambut datangnya Bulan suci ini. Kita harus bangga pula menyambutnya. Sementara itu ibadah-ibadah kita di Bulan Ramadhan, tentunya akan diberkahi dengan pahala yang berlipat ganda banyaknya. Ayo semangat meraih kemenangan.


Sudah seharusnyalah kita mempunyai persiapan-persiapan yang matang sehingga pada waktunya nanti, semua ibadah yang ada dalam Ramadhan bisa kita tunaikan dengan tanpa ketinggalan satupun. Seperti : Shalat Sunnah Tarawih, Berpuasa, Sedekah dan lain sebagainya baik ibadah itu sifatnya wajib maupun Sunnah. Dengan cara begitu saat kita menjalankan semua ibadah tersebut, kita bisa berjalan deengan continue dan baik.

Oleh karena itu, kita harus mengingat pesan Rasulullah SAW dari apa yang sudah beliau ucapkan dalam beberapa hadits. Karena dengan mengingatnyalah kita mampu menanamkan dalam hati serta pikiran kita tentang berbagai amalan yang sudah beliau amalkan. Hingga pada akhirnya keberkahan, keistimewaan dan keutamaan Bulan Suci Ramadhan dapat kita raih seutuhnya.
Dan di bawah ini adalah pesan Nabi Muhammad SAW saat tiba Bulan Suci Ramadhan, yang sudah dinukil dari Hadits yang telah diriwayatkan Ibnu Khuzaimah yang juga didapat dari Salman Al-Farisi. Di dalam hadits tersebut Nabi Muhammada SAW berkhutbah pada akhir bulan Sya’ban. Pada intinya khutbah tersebut berisi 6 Pesan Nabi yang bisa kita laksanakan dengan sebaik-baiknya.

       1. Manfaatkan Bulan Ramadhan Dengan Lebih Baik dari bulan lainnya

Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang teramat penuh dengan keberkahan bagi umat muslim. Di mana pada Bulan Ramdahan terdapat hanya satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang dimaksudkan di sini adalah Malam Lailatul Qodr, malam yang pahalanya berlipatganda bagai 83 tahun hidup. Selain itu, Allah SWT telah mewajibkan bagi umat islam untuk berpuasa di siang hari dan malamnya sangat disunnahkan untuk melaksanakan Shlat Tarawih. Dengan demikian menunjukkan bahwa Bulan Ramadhan adalah suatu bulan yang penuh dengan amalan berpahala. Oleh sebab itu, hendaknya kita semua bisa memanfaatkan bulan yang penuh dengan berkah ini dengan sebaik-baiknya.

       2. Ingatlah “Pahala di Bulan Ramadhan dapat berlipat ganda”

Bila kita mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melaksanakan ibadah-ibadah sunnah di Bulan Ramadhan, maka kita akan mendapatkan pahala seperti melaksanakan ibadah fardhu di bulan lainnya. Dan jika melaksanakan ibadah-ibadah fardhu pada Bulan Ramadhan, maka kita layaknya mendapatkan pahala 70 ibadah fardhu di bulan yang lain. Maka dapat disimpulkan dengan melaksanakan ibadah-ibadah apapun yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allah, Bulan Ramadhan adalah buolan dimana Pahala bisa berlipat-lipat ganda.

        3. Bulan Ramadhan = Bulan Melatih Kesabaran

Bulan Ramadhan adalah bulan kesabaran, dan siapapun yang sabar di Bulan Ramadhan maka pahalanya adalah Surga. Secara tidak langsung saat kita berpuasa di Bulan Ramadhan, kita dilatih untuk menghindari waktu makan, minum dan semua hal yang dapat membatalkan puasa kita, hal ini dilakukan dalam kurun waktu tertentu, di sini kita menahan sesuatu yang benar-benar kita inginkan secara nafsu. Nah, secara tak langsung kita sudah melakukan kesabaran dengan mengikuti aturan dan tata cara berpuasa. Dan inilah mengapa Bulan Ramadhan dapat melatih kesabaran kita

     4. Bulan Ramadhan = Bulan Belajar Bersimpati terhadap orang lain.

Bersimpati terhadap orang lain, adalah pesan Nabi Muhammad SAW di dalam Bulan Ramadhan. Dalam sebuah hadits yang sudah banyak tersebar kita dianjurkan untuk memberi makan kepada orang lain yang sedang berpuasa, walau hanya dengan segelas air dan sebiji kurma. Siapapun yang memberi makan kepada orang lain untuk berbuka maka pahalanya seperti orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa. Dengan cara begini rasa simpati terhadap orang lain akan tumbuh dan membuat orang akan memiliki rasa kepedulian yang tinggi.

5.      Lebih Memperbanyak Amal Sholih

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat di mana pada hari sepuluh pertama Bulan Ramadhan adalah bulan penuh rahmat, sepuluh hari yang kedua adalah bulan penuh ampunan, dan sepuluh yang terakhir adalah bulan pembebasan dari api neraka. Dengan demikian, maka hendaknya kita memperbanyak amal kebajikan, seperti membantu orang lain, bertutur kata yang sopan, selalu berbakti kepada orang, dan lain sebagainya. Hal ini kita lakukan agar kita mendapatkan rahmat Allah SWT, ampunan Allah SWT dan pembebasan dari neraka,

6.      Perbanyak Do’a dan Ampunan Kepada Allah SWT


Hendaknya kita memperbanyak do’a kepada Alllah SWT, karena pada saat kita berbuka puasa do’anya akan mustajab, do’a-do’a di Bulan Ramadhan akan mudah diijabahi oleh Allah SWT. Selain itu kita juga harus memperbanyak kalimat thoyyibah, istighfar dan shalawat, dengan harapan semoga kita mendapat ampunan dari Allah SWT dan selanjutnya semoga kita bisa dimasukkan ke Syurga Allah SWT.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bekomentar dengan Bijak dan Sesuai dengan Topik yang sedang kita bahas