Friday 2 March 2018

Ramadhan Bulan Ibadah


Ramadhan Bulan Ibadah

Ramadhan Bulan Ibadah


Ramadhan sebagai bulan yang memiliki banyak keistimewaan dan keagungan di dalamnya, menjadikan bulan ramadhan sebagai tamu yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Ramadhan adalah bulan ibadah, di mana di dalamnya banyak amalan ibadah yang pahalanya dilipatgandakan tanpa batas. Maka sangatlah merugi orang-orang yang mengabaikan tamu yang agung ini.

Ibadah pada bulan ramadhan sebenarnya tidak hanya puasa yang menimbulkan dahaga dan lapar saja, akan tetapi juga menahan diri dari semua yang bisa membatalkan puasa, menahan dari perbuatan yang tidak ada manfaatnya dan menahan dari perbuatan-perbuatan yang dapat menimbulkan laknat Allah SWT.


Ramadhan diambil dari bahasa arab yang artinya panas yang membakar. Hal ini sesuai dengan hikmah yang ada dalam bulan ramadhan yakni bulan yang di dalamnya seorang mukmin bisa membakar hawa nafsu dan perangainya yang buruk di mana akhirnya nanti bisa menjadi pribadi yang memiliki sifat terpuji. Selain itu dalam bulan ramadhan, orang berpuasa bisa menghindarkan dirinya dari siksa api neraka yang dapat membakar apapun yang ada di dalamnya. Maka tidaklah salah jika di akhir bulan puasa umat islam semakin bertambah keimanan dan ketakwaanya.

Perlu diketahui, bahwa semua amalan ibadah pada bulan ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT, hal ini akan berbeda jika dibandingkan ketika amalan itu dilakukan pada bulan-bulan selainnya. Bahkan bagi orang yang menyingkirkan sebuah penghalang yang berada di tengah jalan raya, entah itu batu atau ranting kayu. Dia akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.


Ibadah di bulan ramadhan adalah sebuah kesempatan yang diberikan Allah SWT kepada umat islam,  untuk melebur semua dosa, maksiat dan perbuatan tercela di masa lalu. Sebagai orang mukmin yang mempercayai Allah sebagai Tuhannya, maka tidaklah sopan dan bijak jika kita hanya bermalas-malas di bulan ramadhan bahkan hanya tidur di siang hari dan begadang tidak jelas di malam hari.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya,” Bahkan amaln ibadah sunnah yang dilakukan di bulan ramadhan, maka pahalanya akan dianggap sama persis dengan melakukan amal ibadah wajib.” (HR. Imam Baihaqi dan Khuzaimah).

ditulis di Lab SMP Al Kamal 20.00 02/03/2018


Sumber : https://4moslem.wordpress.com/2010/09/03/ramadhan-bulan-tarbiyah-ibadah-dan-al-quran/

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bekomentar dengan Bijak dan Sesuai dengan Topik yang sedang kita bahas